Sabtu, 28 Agustus 2021

LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

 

Resume 18

LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

Narasumber : Yulius Roma Patendean,S.Pd

Mooderator : Bu Kanjeng



Entah apa yang ingin kutulis tak ada ide sedikit pun yang terlntas dipikiran, hanya menjalankan kewajiban yang sudah kadung dilakoni beberapa bulan ini tinggal beberapa langkah lagi mendekati finis sayang rasanya kalau harus di tinggalkan, walaupun sebenarnya sangatlah berat karena ini bukan lah hal biasa namun sesuatu yang sangat luar biasa yang pernah kulakukan seumur hidupku dan mungkin ini hadiah terindah ditahun penuh rintangan dan masalah andaikan kumpulan resume ini dapat menjadi sebuah buku.

Aku hampir lupa apakah aku mengikuti pertemuan kedelapan belas ini atau tidak, aku pun lupa apakah aku mengisi daftar hadir atau tidak, namun chat wa yang selalu kuteruskan ke dalam grup khusus menyimpan data menunjukkan aku meneruskan chat tersebut sesuai waktu kejadian pelatihan berlangsung, mungkin aku hanya meneruskan saja tanpa memperhatikan isi dan materi kegiatan yang berlangsung. Aku takkan mungkin menyalahkan kondisi atau keadaan namun ini terjadi murni karena kesalahan dan ketidaksiapan pribadi menghadapi pelatihan yang memang diluar batas kemapuan.

Sekarang kucoba merunut setiap kejadian dan mengambil garis besar dari kuliah jum’at malam tanggal 20 Agustus 2021. Moderator pemimpin acara malam ini seseorang yang sangat familiar dengan passionnya beliau adalah Ibu Kanjeng. Narasumber yang dihadirkan adalah Guru muda berbakat kelahiran Tana Toraja bernama Yulius Roma Patendean,S.Pd akrab disapa bung Roma, Beliau sedang bertugas sebagai PNS di SMAN 5 Tana Toraja, sekarang juga aktif sebagai youtuber sekaligus penulis.

Materi malam ini Bung Roma berbagi bagaimana cara Menyusun Buku Secara Sistematis, disini beliau menjelaskan cara membuat judul, bab, subjudul, daftar isi, daftar kutipan, indeks secara otomatis dengan mengunakan microshoft word yang belilau jelaskan melaui akun youtubenya:

1. https://youtu.be/jXPr59aWJSc

2. https://youtu.be/eePQwyHAcjw

3. https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

Isi dari link youtube yang pertama adalah bagaimana cara merapikan  judul, bab, sub judul secara otomatis dengan menggunakan microsoft word langkah langkahya dapar di buat garis besar seperti dibawah ini:

1.      Langkah pertama : siapkan terlebih dahulu judul-judul yang diperluan dalam penulisan buku secara urut seperti gambar dibawah

2.      Langkah kedua: Klik Page layout pilih size kertas ukuran A5

3.      Langkah ketiga: blok KATA PENGANTAR lalu klik home pilih heading 1

4.      Langkah ketiga: blok DAFTAR ISI lalu pilih heading 1

5.    Langkah keempat: pilih BAB 1 klik heading 1, kemudian blok Sub Bab 1 klik heading 2, blok bagian dari Sub Bab pilih heading 3, demikian seterusnya hinga selesai semua BAB yang ada pada buku yang ingin kita buat. Ingat untuk Judul setiap bab pilih heading 1 sedankan untuk sub bab pilih heading 2 serta bagian dari sub bab gunakan heading 3.

6.    Langkah kelima: blok judul-judul lainya yang ada dalam naskah yang kita buat seperti INDEKS, DAFTAR PUSTAKA, TENTANG PENULIS dan pilih heading 1

7.      Langkah ke tujuh: Setelah ke enam langkah kita lalui jangan lupa mengembalikan posisi judul dan subjudul ke posisi semula serta jangan lupa merubah kembali warnanya menjadi hitam.

8.      Langkah kedelapan: kembali kehalaman DAFTAR ISI,  letakkan kursor dibawah tulisan daftar isi lalu pilih references dan pilih table of contens, disini Bung Roma lebih menyarankan untu melilih table of contents yang kedua. Jadilah hasil seperti dibawah ini.


Link youtube yang kedua berisi penjelasan detail mengenai cara merapikan daftar isi, indeks, dan daftar pustaka secara otomatis. Untuk merapikan daftar isi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.      Langkah pertama: Sebelum merapikan daftar isi kita rapikan dulu penomoran halaman. Pilih Page Number lalu pilih plain number berapa yang kita inginkan, setelah itu klik format ubah dari angka ke dalam huruf.

2.      Langkah kedua: Untuk membuat halaman bagian isi berbeda penomorannya dengan bagian daftar isi dan yang diatasnya maka lyang perlu dilakukan adalah letakkan kursor didepan judul BAB 1 klik page layout pilih Beraks setelah itu pilih section beraks pilih next page. Selanjutnya klik dua kali footer pilih page number keudian pilih format page ubah start at 1.

3.      Langkah ketiga: ketika kita ingin menamabah bab maupun sub bab, tambahkan saja Bab san sub bab yang kita inginkan lalu blok judul bab baru klik heading 1 dan untuk sub bab klik heading 2. Selanjutnya kembali kehalaman daftar isi klik upgrate table lalu pilih update entrie table.

Bagian berikutnya yang juga merupakan isi dari yautube kedua yaitu membuat daftar pustaka otomatis, langkah-kangkah yang diperlukan untuk membuat DATAR PUSTAKA OTOMATIS adalah sebagai berikut:

1.      Langkah Pertama: letakkan kursor di samping kutipan yang kita buat lalu klik references, setelah itu kita pilih style boleh pilih APA Fifth Edition.

 


 

 

2.      Langkah Kedua : Setelah memilih Style Klik Manage Sources, klik new, ini dikarenakan kita baru pertama kali membuat daftar kutipan. Selanjutnya setelah klik New muncullah tampilan seperti dibawah dan pilih Book untuk Type of Source. 



     Isi Author dengan nama penulis buku yang kita kutip, Title di isi dengan judul bukunya, Year diisi dengan tahun terbit buku, City derah tempat buku dicetak, dan Publiser adalah nama penerbit buku yang kita kutip. Jika semua sudh diisi maka klik ok dan klik close.


3.      Langkah ketiga : letakkan kembali kursor ke samping kutipan yang kita buat lalu klik Insert Citation maka akan muncul nama pemilik kutipan tersebut.



4.      Langkah Keempat : masuk kebagian halaman DAFTAR PUSTAKA letakkan kursor dibawah dengan menekan enter lalu klik kembali References, klik Bibliografy pilih yang kedua, klik saja akan mucul secara otomatis bagian dari daftar pustaka tanpa kita harum mengentrinya satu-satu.

Hal ini juga dapat dilakukan untuk kutipan yang berasal dari internet situs/web hanya saja ada perbedaan sedikit dalam memilih menu Type of Source pilihlah Web Site, begitu juga untuk kutipan dari jurnal pilih menu Type of Source dalam reference bagian manage sources pilih Journal Article. Cukup mudah untuk dilakukan dan mempermudah kita dalam menyusun serta merapikan tulisan.

Sekali lagi saya minta maaf karena resum ini belum mampu menjelaskan isi pokok dari keseluruhan mata kuliah malam tanggal 20 Agustus 2021 langkah-langkah penyusunan naskah sistematis ala Yulius Roma Patandean karena masih ada link youtube ketiga  belum dibuka serta masalah indeks pada link youtube kedua yang belum sempat dituliskan. Kata kata pamungkas dari Bung Roma malam ini adalah CLBK maksudnya Coba Lakuan Biasakan dan Konsisten.

 

 

Pangkalpinang.

 

Derliana S.Si

 


3 komentar:

peduli

Aku keguguran, Kuhatus merawat anak2 ku  Si abangbpositif covid Adek rewel masih kelelahan Sang ayuk tak persuli ia hanya pulang saat lapar ...