Minggu, 25 Juli 2021

Balada Soto Saat Lebaran


Hiruk-pikuk menjelang hari lebaran sudah lumrah terjadi di keluarga besar ku, namun lebaran kali ini berbeda, karena keluarga adikku terkena covid dan besok saat lebaranlah hari terakhir isolasinya meskipun sudah dinyatakan negatif oleh tim medis hasil pcr terakhirnya. 

Aku, Ibuku, dan adikku memiliki rumah yang  berdampingan  dalam satu halaman besar. Kalau lebaran biasanya kami masak bersama. Lebaran kali ini memang beda hanya aku dan ibu yang menyiapkan hidangan itupun sangat sederhana ala kadarnya, ibu memasak rendang khas keluarga, aku membuat kue bolu lapis, dan terakhir ada satu yang masih belum di sentuh, sepenggal kaki bawah sapi masih utuh padahal hari sudah menjelang sore. 

Akhirnya kaki itupun di bakar, dibersihkan bulu dan kuku nya, matahari pun bergulir kearah barat tak terasa hari pun hampir maghrib. Berpandangan lah kami melihat kaki yang baru selesai di bersihkan, "ini mau dimasak apa?" tanya ku, "aku riques soto betawi" Pinta adik ku, ibu hanya tersenyum "kerjakanlah" Setengah bingung ku bawa juga potongan kaki tersebut pulang ke rumah, ahh besok senin aku sekolah sementara lebaran hari selasa, merebus kulit dan urat kaki sapi itu lumayan lama, oh soto betawi soto betawi demi keluarga besar ini bismillah harus jadi. 

Malam lebaran pun tiba kaki sapi ku belum lunak juga, tekstur kulit yang kenyal membuatnya harus direbus begitu lama, sementara aku tak punya cukup waktu untuk menyelesaikannya. Di sela takbir mendayu pukul 3 pagi kembali ku nyalakan kompor untuk memasak soto betawi, bumbu halus racikan sendiri pun telah jadi, tinggal eksekusi, sampai pagi tiba, selesai sholat idul Adha soto betawi pun tersaji di meja panjang tempat keluarga besar berkumpul, alhamdulillah semua menikmatinya. 

1 komentar:

  1. Lezatnya menikmati soto Betawi bersama keluarga tercinta di hari nan fitri.

    BalasHapus

peduli

Aku keguguran, Kuhatus merawat anak2 ku  Si abangbpositif covid Adek rewel masih kelelahan Sang ayuk tak persuli ia hanya pulang saat lapar ...